Masyarakat Tengger menempati kaki hingga pedalaman kawasan Bromo, Tengger
Semeru, tersebar mulai dari Probolinggo, Lumajang, Ranupane, Malang (Desa
Ngadas), hingga Pasuruan. Salah satu desa yang masih memegang teguh adat Tengger
ialah Desa Wonokitri, Tosari, Pasuruan, Jawa Timur, desa terakhir sebelum penanjakan Bromo via jalur
Nongkojajar. Mata pencaharian utama warga Desa Wonokitri adalah bercocok tanam,
berladang dan berternak. Mereka lebih banyak menaman sayuran seperti
wortel, kubis, dan kentang yang sesuai dengan suhu dataran tinggi Bromo. Wisatawan akan lebih sering menjumpai ternak babi
daripada ternak lainnya di desa yang mayoritas menganut agama Hindu ini.
Dinginnya suhu di kawasan ini menyebabkan sarung
menjadi sebuah kebutuhan bahkan merupakan peninggalan yang ajeg dari nenek
moyang suku Tengger. Suku Tengger mempunyai ciri khas khusus dalam hal
berpakaian dengan cara memakai sarung sebagai outer dalam kesehariannya. Sarung atau nyasar wurung berfilosofi
dapat menggagalkan marabahaya yang mengancam.
“Sarung merupakan tameng raga yang diwariskan
oleh leluhur”
begitu ujar Bapak Supayadi (63) selaku dukun pendita atau kepala adat Suku Tengger di Desa Wonokiti. Tidak dapat dipungkiri sarung hingga kini
menjadi gaya hidup karena
dapat melindungi diri dari hawa dingin, seluruh kalangan telah mengenakan
sarung sebagai identitas suku Tengger.
![]() |
Mbok Jurasi dan cucu |
![]() |
Bapak Supayadi selaku dukun pendita suku tengger Wonokitri |
![]() |
Memanen kentang |
Cara bersarung bagi suku Tengger
mempunyai makna tersediri tergantung kondisi dan arti dalam pemakaian sarung
yang beragam. Berikut cara bersarung masyarakat tengger :
- Kekaweng: Sarung dilipat dua kemudian disampirkan ke pundak bagian belakang dan kedua ujungnya diikat menjadi satu. Cara bersarung seperti ini digunakan untuk kegiatan sehari-hari yg membutuhkan keleluasaan bergerak seperti ke pasar dan mengambil air. Jika bertamu atau melayat tidak diperkenankan bersarung kekaweng
- Sesembong: Dipakai dengan cara dilingkarkan ke pinggang kemudian diikat di antara dada dan perut agar tidak mudah lepas. Biasa digunakan ketika melakukan pekerjaan yang lebih berat seperti berladang.
- Sempetan (atau sempretan dalam bahasa Jawa): Sarung digunakan seperti biasa dan dilipat di bagian pinggang. Hal ini menunjukkan sopan santun ketika sedang bertamu
- Kekemul: lebih sering digunakan bersantai atau sekedar berjalan-jalan, biasanya sarung dipakai di badan. Bagian atas dilipat untuk memutupi kedua tangan dan digantungkan di bahu.
- Sengkletan: Ketika berpergian dan ingin terlihat rapi, sarung disampirkan di bahu secara terlepas atau bergantung menyilang pada dada.
- Sampiran: Anak-anak muda Tengger juga punya cara bersarung lho! Kain disampirkan di bagian atas punggung, kemudian kedua lubangnya dimasukkan pada bagian ketiak dan disangga ke depan dengan kedua tangan.
Dalam keseharian tiang tengger selalu dijumpai pengenaan sarung, salah satunya saat terdapat persiapan potong kuncung atau tugel kuncung. Potong kuncung sendiri adalah ritual khitan-nya anak laki-laki maupun perempuan di Desa Wonokitri untuk anak-anak sebelum menginjak umur 15 tahun. Upacara ini wajib dilakukan apabila telah mampu secara materi karena memerlukan biaya yang besar, namun apabila tidak memiliki materi yang cukup tidak diwajibkan. Terdapat beberapa ritual seperti punden-punden, mepek (ritual), serta potong kuncung (memotong rambut). Persiapan potong kuncung sendiri memakan waktu yang cukup lama sekitar satu minggu dan dibantu oleh tetangga setempat mulai dari masak atau betek dan persiapan lainnya, berikut beberapa gambar persiapan potong kuncung oleh suku tengger tentunya masih dengan menggunakan sarung :
![]() |
Sulistina (12) dan Marsha (7) yang akan potong kuncung |
![]() |
Pemotongan daging babi sebagai sesajen potong kuncung |
![]() |
Betek atau biyodo |
![]() |
Wanita Tengger |
Begitu melekat sarung dengan warga tengger sehingga merasa tidak lengkap berbusana tanpa sarung,
kaum laki-laki menggunakan sarung serta kaum perempuan menggunakan jarik atau biasa disebut sewek. Meskipun begitu terdapat banyak
perubahan seperti cara bersarung anak muda yang bermacam-macam. Perbedaan cara
mengikat sarung bagi perempuan dapat ditunjukkan dari ikatannya, bila diikatkan
di samping tandanya masih lajang dan apabila diikatkan ditengah menandakan
telah menikah.Meskipun dewasa ini banyak pembaharuan teknologi serta pengaruh
dari luar kawasan desa namun masyarkat tengger tetap memegang teguh budaya.
Wawa Yasaruna's
Kearifan lokal yang menarik untuk ditelusuri. Apalagi mereka tinggal di dataran tinggi yang berhawa dingin. Mirip di dataran tinggi dieng, kemana-kemana selalu berkalung sarung untuk menghalau dingin khas dataran tinggi.
BalasHapus